Jumat, 28 Juni 2013

Gelisah menyiksa pikiran dan fisik

Diposting oleh Nurul Rahmawati di 20.56


Diantara keburukan gelisah, ia membuyarkan kemampuan otak untuk memusatkan pikiran. Maka, saat kita gelisah, pikiran menjadi kacau. Sebaliknya, apabila kita tegar mengahadapi kemungkinan yang paling buruk, kita dapat berpikir jernih dan memusatkan pikiran pada inti persoalan.
           Kita tidak mungkin bersemangat dalamm kerja yang penuh tantangan sementara hati gelisah. Sebab, satu dari dua perasaan itu akan mengusir yang lain.
            Apabila engkau terserang gelisah menghadapi hari ini, ingatlah kondisi gelisah terburuk yang menyerangmu dimasa lalu. Dengan begitu, engkau mengikat akal dengan dua ikatan berbeda. Bukan hanya dengan satu ikatan. Ikatan yang kuat, yang telah terjadi di masa lalu dapat mengalahkan ikatan yang lemah, ikatan masa sekarang. Saat itu seseorang akan berucap, tiada yang lebih buruk dari krisis yang terjadi di masa lalu. Meski demikian, aku dapat melaluinya dengan sukses.
            Apabila engkau dapat mengatasi krisis dimasa lalu dan dapat melintasinya dengan selamat, krisis hari ini jauh lebih kecil dan ringan bahayanya.
            Gelisah tidak dapat menyihirmu saat bekerja. Tetapi, ia akan segera menyerangmu saat menganggur karena pada saat itu, khayalan bermain dan menampilkan berbagai kemungkinan. Solusinya, sibukkan diri dalam kerja yang serius.

Sumber : Kiat menjadi wanita paling bahagia di dunia dan di akhirat/ Aidh Al- Qarni; penerjemah , Ust. Khozin Abu Faqih; Penyunting, Abdul Hakim. Jakarta: Al-Itishom, 2004.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Our World Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea